Polres Tanjab Barat Amankan Dua Terduga Pelaku Curanmor  Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pelepasan 314 Siswa SMA Negeri 1 Tanjab Barat  Anwar Sadat Cakada Pertama mengembalikan Formulir Pendaftaran di DPC Partai Demokrat Tanjab Barat  DPC PPP Tanjab Barat Buka Pendaftaran Bakal Cakada

Home / Pendidikan

Sabtu, 11 Maret 2023 - 07:12 WIB

Puluhan Tahun Tak Tersentuh Pembangunan,SD Negeri 126/V Sungai Rambai Kondisinya Memprihatinkan

TANJABBARAT, BULENONNEWS.COM – Sungguh memprihatinkan kondisi bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 126/V Sungairambai yang berlokasi di Desa Sungsang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Sekolah yang dibangun sejak tahun 1984 silam hingga kini belum pernah terjamah kucuran bantuan pembangunan dari APBD Kabupaten, maupun APBN pusat, sehingga saat ini tampak kondisi bangunan yang berkonstruksi dari kayu sudah lapuk, kemudian banyak dinding kayu yang terlepas serta atap plapon mulai bocor.

Selain bangunan, kondisi sarana prasarana berupa meja kursi dan perlengkapan kelas lainnya juga banyak yang sudah sangat tidak layak untuk digunakan, kini SD Negeri 126/V Sungai Rambai hanya memiliki 6 ruang yang terdiri 5 ruang kelas dan satu ruang kantor majelis guru.

Suripyati Kepala SD 126/V Sungai Rambai mengungkapkan bahwa saat ini sekolahnya memiliki siswa/siswa sebanyak 173 orang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 6. Dengan jumlah siswa yang cukup banyak tidak sebanding dengan kondisi ruangan belajar, pihaknya terpaksa membagi jadwal belajar mengajar ruangan yang digunakan siswa.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid As-Shahabah

“Kita hanya punya 5 ruang kelas untuk proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) nah untuk siswa kelas 1 dan 2 kita bagi waktu belajarnya karena kalau digunakan semua dalam satu waktu tentunya tidak ada ruang kelas lagi dan ruangan itupun banyak yang rusak,” ungkap Kepsek. Kamis, (09/03/23).

Ia berharap kepada pemerintah daerah khususnya Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat dan pihak Disdikbud untuk melakukan renovasi ataupun pembangunan secara permanen SD Negeri 126/V Sungai Rambai.

Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Ahmad Jahfar saat turun meninjau lokasi sekolah tersebut bersama Sekretaris Disdikbud dan Kabid Sarpras Disdikbud Tanjab Barat dalam kesempatan itu, Ahmad Jahfar menegaskan kepada pihak sekolah untuk menginventarisir terlebih dahulu bangunan yang menjadi prioritas.

“Setelah saya lihat memang kondisi sekolah ini butuh pembangunan kembali secara total tentu sulit kita lakukan jika hanya menggunakan anggaran daerah, tetapi tetap kita upayakan minimal pembangunan kantor jika itu memang menjadi prioritas,” ujar Politisi Golkar.

Baca Juga  Terkait SDN 118 Suak Labu,Ini Penjelasan Disdikbud Tanjab Barat

Jahfar juga menyampaikan kepihak Disdikbud agar sekolah ini segera diusulkan kepemerintah pusat untuk pembangunan sekolah bisa dilakukan secara total.

“Memang masih banyak PR yang harus dikerjakan terutama mengenai database pendidikan penataan flang sekolah karena SD ini tidak update dengan alamat sekarang misal alamatnya Desa Sungairambai ternyata sekarang sudah berubah menjadi Desa Sungsang,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Tanjab Barat Zainul dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa SD Negeri 126/V Sungairambai nantinya diusulkan kepemerintah pusat untuk dilakukan pembangunan secara total dan dibangun dengan konstruksi yang permanen.

“Kita akan upayakan sekolah ini dapat dianggarkan melalui dana DAK atau dana pusat sebab kalau kita lakukan menggunakan dana APBD tidak sanggup karena anggaran ny besar, tetapi kalau untuk renovasi kantor atau bangunan lain masih bisa kita kerjakan.” Tukasnya.

 

 

Penulis/ Editor: Amir/Otte

Share :

Baca Juga

Meraingin

Plt Bupati Merangin Tegaskan, Belajar Tatap Muka Ajaran Baru Harus Pakai Shift dan Perketat Prokes

Pendidikan

Rangkaian Peringatan Hari Guru, SMAN 1 Tanjab Barat Gelar Expo 2022

Pendidikan

Unjuk Rasa Pelajar SMKN 1 Kuala Tungkal Mendapat Sorotan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi

Pendidikan

Tanjab Barat Akan Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Pendidikan

Himatel Unbari Bersama Bruin Mengungkap Sudut Kota Jambi Dengan Segala Rahasianya

Pendidikan

Puluhan Kepsek di Tanjabbar Masih Jabat Plt,Ini Kata Plt Kadisdikbud

Pendidikan

SMA Negeri 1 Tanjab Barat Gelar Kegiatan Smansa Expo 5 Tahun 2023

Pendidikan

Siswa SMPN 2 Kuala Tungkal Lulus Masuk di SMAN TT Jambi, Pauzan;Ini Berkat Perjuangan Semua Pihak